Banyak yang tidak tahu, Wajib Tau, inilah Aturan Syar’i Bagi yang Ingin Berkurban!

Posted by Rd Furqon on 07.02



Banyak yang tidak tahu, Wajib Tau, inilah Aturan Syar’i Bagi yang Ingin Berkurban!
‘Iedul Adha sebentar lagi tiba, moment yang luar biasa bahagia bagi semua kaum muslimin terutama kaum dhuafa. Tak terlewatkan juga para peternak hewan kurban seperti hewan unta, sapi, kambing, mereka mengunduh untung dari hasil jerih payah mereka beternak.
Setiap kaum muslimin yang sedang tidak berhaji, dianjurkan untuk berkurban. Adanya berkurban, ingatkah kita dengan kisah Nabi Ibrahim yang diuji oleh Allah untuk menyembelih anaknya, maka ketika perintah itu turun, Nabi Ibrahim memberitahukan anaknya tentang perintah itu. Lalu, apa yang dijawab Ismail?, Ismail berkata, lakukan saja apa yang telah Allah perintahkan kepadamu, semoga engkau termasuk orang yang sabar. Begitulah yang terdapat dalam AlQur’an. Tapi Allah hanya sedang menguji Nabi Ibrahim Alaihissalam. Allah SWT gantikan dengan biri-biri atau sejenis domba untuk dijadikan hewan sembelihan.
Siapakah yang tidak ingin berkurban?, tentunya kita ingin sekali berkuban bukan?, maka bagi yang ingin (sudah ada niat dan membeli hewan kurban), wajib diketahui tentang aturan syar’inya agar kurban kita tidak sia-sia. inilah aturannya dari Rasulullah SAW:

Hadits ini telah diriwayatkan oleh Ummu Salamah , bahwa Rasulullah pernah bersabda :”Apabila telah masuk sepuluh hari (Dzulhijjah) sementara ada diantara kalian yang ingin berkurban, maka janganlah ia memotong rambut dan permukaan kulitnya(bulu) sedikitpun.” HR. Muslim (1977).

Baiklah pemirsa pembaca, berati dari tanggal 1 sampai 10 Dzulhijjah, bagi yang sudah berniat berkurban dan telah siap uang dan hewan kurbannya, maka haram baginya menghilangkan bagian rambutnya dengan cara mencukur, memotong, menyilet, membakar. Dan dilarang juga memotong, mematahkan kuku. Rambut di sini, berati semua yang tumbuh di atas kulit, seperti bulu ketiak, kumis, jenggot, bulu kemaluan dan rambut kaki.
Wallahu A’lam bisshowab..., Allahu wa Rasuluhu A’lam...
Semoga bermanfaat.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 07.02

0 komentar:

Posting Komentar

Bacaan Terpopuler Minggu ini

pengunjung online

Diberdayakan oleh Blogger.
CB