Ga Usah Bingung menentukan pilihan, Pake Cara ini : Doa dan Cara Sholat Istikharah yang Benar

Posted by Rd Furqon on 08.10



Pernahkah kita menghadapi antara beberapa pilihan yang membuat bingung untuk menentukan pilihan?, entah pilihan jodoh, pekerjaan dan atau usaha dan bisnis. Tentunya ada yang pernah tertipu oleh partner bisnis, usaha. Ada yang ga cocok sama kerjaannya sampai akhirnya terfitnah. Atau salah memilih pasangan hidup yang akhirnya tidak sreg atau akhlaqnya ternyata tidak sesuai yang diharapkan.
Para reader, usaha untuk memilih pastilah sangat penting, namun jika hanya mengandalkan usaha atau filing saja, maka ini akan jadi bencana. Agar tidak menyesal maka usaha tersebut harus dibarengi dengan doa, kita memohon kepada sang penentu Takdir, yaitu Allah swt. Yang disyariatkan dan disunnahkan Rasulullah saw, untuk meminta menentukan pilihan yang terbaik adalah dengan shalat Istikharah dan berdoa.
-Kami meriwayatkan dalam sahih Al-Bukhari dari Jabir bin Abdillah radhiallahu’anhu, ia mengatakan:”Rasulullah saw mengajarkan kepada kami untuk istikharah dalam segala urusan seperti (mengajarkan) surat Al Qur’an. Beliau mengatakan, ‘Apabila salah seorang diantara kalian berhasrat melakukan satu urusan, maka hendaknya ia mengerjakan shalat dua rakaat di luar shalat fardhu, kemudian ucapkanlah :
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmuMu, aku memohon kekuatan kepadaMu dengan kemaha kuasaanMu, aku memohon kepadaMu dari karuniaMu yang besar. Sesunggunya Engkau Mahakuasa, sementara aku tidak kuasa. Engkau Maha Mengetahui, sementara aku tidak mengetahui, dan Engkau Maha Mengetahui perkara-perkara ghaib. Ya Allah, apabila Engkau tahu bahwa perkara ini (dan ia menyebutkan hajatnya) baik bagiku dalam urusan agamaku dan kehidupanku serta baik akibatnya terhadap diriku (atau ia mengatakan bagiku di dunia dan akhirat), maka tetapkanlah dan mudahkanlah untukku, kemudian berkahilah diriku. Sebaliknya, jika Engkau tahu bahwa perkara ini buruk bagiku dalam urusan agamaku dan kehidupanku serta buruk akibatnya terhadap diriku (atau ia mengatakan: buruk bagiku di dunia dan akhirat), maka jauhkanlah perkara ini dariku dan jauhkanlah diriku darinya. Tetapkanlah kebaikan untukku dimana saja aku berada, kemudian jadikanlah diriku ridho menerimanya. Ia mengatakan, ‘Seraya menyebutkan hajatnya’.”



Penting untuk diketahui, bahwa istikharah ini harus ada 3 hal yang dipenuhi:
-          Seseorang harus benar-benar dan bersungguh-sungguh untuk mencermati masalahnya (pilhan-pilihan tadi) tersebut. Apakah lebih banyak mudharat atau manfaatnya.
-          Melaksanakan shalat istikharah dan berdoa dengan doa yang tadi, dan harus jujur dengan sejujurnya mengungkapkan permsalahan kepda Allah.
-          Setelah itu, mengerjakan salah satu di antara pilihan apa yang membuat hatinya legowo atau lapang sambil tetap bertawakal kepada Allah.

Silahkan dipraktikan para reader, terbukti oleh ane sendiri, dan ingatlah Allah tidak pernah mengingkari janjinya. Semoga bermanfaat ya.., amiiin.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 08.10

0 komentar:

Posting Komentar

Bacaan Terpopuler Minggu ini

pengunjung online

Diberdayakan oleh Blogger.
CB