Lagi Booming Nama-nama Aneh, Penting diketahui inilah Nama-nama yang dibenci!

Posted by Rd Furqon on 21.24



Nama-nama aneh mulai diumumkan baru-baru ini, ada yang namanya Tuhan, Nama, Satria Baja Hitam, go tu skul, dan lainnya yang tentunya kita pernah mendengar dan melihat di berita.
Lucu sih memamng sepintas. Tapi apakah anda tahu, apa sih tujuan orang diberikan nama itu?. Nama itu itu adalah doa, harapan, bukan saja panggilan. Dari sekian banyak nama di dunia ini, ada nama-nama yang dibenci yaitu yang sesuai Rasulullah SAW sabdakan:

·         Diriwayatkan oleh Sa’id bin al-Musaiyib dari ayahnya bahwa ayahnya datang menghadap Nabi SAW dan beliau bertanya:”Siapa namamu?”, Ia menjawab:”Hazn (keras dan kasar).” Beliau bersabda:”Ganti namamu menjadi Sahl (mudah).” Ia menjawab:”Aku tidak akan mengganti nama yang telah diberikan ayahku.” Ibnu Musaiyibi berkata:”Ternyata setelah itu ia terus berwajah hazunah (keras dan kasar).” HR. Al-Bukhari (6190).
Lihatlah, dia tidak menurut untuk diganti namanya yang sesuai Rasul SAW sarankan, maka akibatnya wajahnya keras dan kasar. Lalu nama yang dibenci selanjutnya adalah ‘aashiyah (pelaku maksiat), sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

·         Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Umar RA, bahwa Rasulullah SAW mengganti nama ‘aashiyah  dan Ia bersabda :”Namamu Jamilah (Jamilah).”  HR. Muslim (2139)
Jelas bukan, Rasulullah SAW mengganti nama ‘aashiyah tadi menjadi Jamilah.
Lalu pernahkah anda mendengar nama kunfayakun? Nah inilah sabda Rasulullah SAW,
Lalu nama yang dibenci lagi yang sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW adalah:
·         Diriwayatkan dari Abu Syuraih al-Haritsi RA, ketika ia diutus untuk menghadap Rasulullah SAW bersama kaumnya. Lalu beliau mendengar ia dipanggil kaumnya dengan kun-yah Abu Hakam. Lantas Nabi SAW memanggilnya dan bersabda:”Sesungguhnya Allah-lah yang disebut al-Hakam dan hukum merupakan wewenang-Nya. Mengapa kamu diberi kun-yah Abu Hakam?”  Ia menjawab:”Apabila kaumku berselisih tentang suatu masalah, mereka datang kepadaku dan aku menengahi mereka hingga diridhai oleh kedua belah pihak.’Rasulullah SAW bersabda:”Sungguh bagus kun-yah tersebut. Coba sebutkan nama anak-anakmu!.” Ia menjawab:”Syuraih, Muslim, dan ‘Abdullah.”’Beliau bersabda:”Siapa yang sulung?.” Ia menjawab:”Syuraih.’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda:”kalau begitu kamu adalah Abu Syuraih.” HR. Abu Dawud (4955).
Maka pelajaran yang bisa diambil adalah kita dimakruhkan untuk menamakan nama-nama yang tidak bermakna, atau bermakna buruk atau yang bukan nama haknya, nama uayng mengundang fitnah, yang menyucikan diri.
Bacaannya yang lainnya:
  1. Bagi yang Sering Diejek, Inilah Kabar Baiknya
  2. Astaghfirullah, 5 Bahaya Bagi Pemutus Tali Silaturahim
  3. Tersenyumlah Wahai yang Pernah Ditinggal Mati Putranya
  4. Inilah Akibatnya jika Syahwat Lebih Dituruti
  5. Tangis Nabi Atas Umatnya
  6. Penting Diketahui, Cek Status Keislaman Anda!
  7. Haji,Tangisan dan Senyuman di Arafah, Mengapa?
  8. Ada Dua Orang yang Sangat Keras Teriakannya di Neraka, Siapakah Mereka?
  9. Jika Anakmu Bertanya Tentang Tuhanmu, Agamamu, dan Nabimu, Inilah Jawabannya!
  10. Dilarang mentertawakan kentut
  11. Pahala yang luar biasa bagi orang yang adzan





Nama Anda
New Johny WussUpdated: 21.24

0 komentar:

Posting Komentar

Bacaan Terpopuler Minggu ini

pengunjung online

Diberdayakan oleh Blogger.
CB