Sebab Dianjurkannya Menjawab Adzan

Posted by Rd Furqon on 06.30



Pahala Bagi Orang yang Menjawab Adzan
Para reader yang dirahmati Allah Jalla Wa ‘Alaa, dari kecil kita diajarkan oleh guru agama untuk menjawab tiap kalimat adzan yang mu’adzin kumandangkan. Sebenarnya adakah hadits Rasulullah yang menganjurkan hal tersebut?, Jawabannya yaitu ada. Ingatlah wahai reader, hukum Ibadah itu pada awalnya tidak ada, sampai datang perintah dari Allah dan RasulNya, barulah hukum itu ada. Artinya bahwa, kita jangan sekali-kali melakukan atau menjalani suatu amalan ibadah yang tidak ada perintahnya dari Allah dan Rasulullah saw.
Nah terkait tentang menjawab adzan, adakah perintahnya?, tentunya ada dan itu berpahala.


~ Dari Umar bin Khaththab Rdhiallahu ‘anhu, ia berkata: Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:”Apabila seorang muadzin mengumandangkan (lafazh):”Allahu Akbar, Allahu Akbar (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar).”, maka hendaklah salah seorang dari kalian menjawab:”Allahu Akbar, Allahu Akbar”. Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):”Asyhadu an Laa Ilaaha Illallaah (Aku bersaksi bahwasanya tidak ada ilah (yang patut disembah), kecuali Allah)”, Maka (hendaklah salah seorang dari kalian menjawab:” Asyhadu an Laa Ilaaha Illallaah.” Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):” Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah (Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah)” Maka (hendaklah salah seorang dari kalian menjawab):” Asyhadu anna Muhammadan Rasulullah.” Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):” Hayya ‘alash Shalah (Mari menunaikan shalat).” Maka (hendaklah salah seorang dari kalian menjawab):” Laa haula wa Laa Quwwata Illaa billaah (Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan kekuatan Allah).” Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):”Hayya ‘ala Al Falaah (Mari menuju kemenangan)”, Maka (hendaklah salah seorang dari kalian) menjawab:” Laa haula wa Laa Quwwata Illaa billaah (Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan kekuatan Allah).” Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):”Allahu Akbar, Allahu Akbar (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar).”, maka hendaklah salah seorang dari kalian menjawab:”Allahu Akbar, Allahu Akbar”. Kemudian muadzin mengumandangkan (lafazh):”Laa ilaaha Illallaah (tidak ada ilah (yang patut disembah), kecuali Allah).” Maka (hendaklah salah seorang dari kalian) menjawab:” Laa ilaaha Illallaah.” (Ia menjawabnya benar-benar tulus) dari hatinya, maka ia akan masuk surga.” HR. Muslim (384).

Subhanallah, Allah maha Pemurah sekali. itulah sebab dari dianjurkannya menjawab Adzan, agar kita MASUK SURGA. Maka dari itu, hendaknya kita menjawab kalimat adzan yang dikumandangkan muadzin tadi, lalu segera menuju ke masjid. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan Surga Allah swt, amiiin.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 06.30

0 komentar:

Posting Komentar

Bacaan Terpopuler Minggu ini

pengunjung online

Diberdayakan oleh Blogger.
CB