Mengapa, Tidak Boleh Makan Sambil Bersandar? Karena

Posted by Rd Furqon on 20.26



Jangan Makan Sambil Bersandar
Kata orang tua zaman dulu, jangan suka makan sambil bersandar, katanya dan katanya. Tidak ada yang bisa disandarkan, kata siapanya tidak boleh makan sambil bersandar?, dan apa efek atau akibatnya?
Menurut kesehatan, apabila makan sambil bersandarkan punggungnya ke belakang, maka nafas paru-paru akan terbuka, dan akhirnya kitapun tersedak. Nah, sebenarnya kata siapanya sih tidak boleh bersandar apabila sedang makan atau minum?.
Satu jawaban yaitu, berdasarkan sabda Rasulullah shalallu ‘alaihi wa sallam..,
Diriwayatkan dari Abu Juhaifah Radhiallahu ‘anhu, ia berkata:”Rasulullah saw bersabda:”Sesungguhnya aku tidak makan sambil bersandar.” HR. Al-Bukhari (5398 dan 5399).
Juga diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amru RA, ia berkata:”Tidak pernah terlihat sekalipun Rasulullah saw makan sambil bersandar dan tidak pernah sekalipun Beliau berjalan di depan orang-orang (rombongan). HR. Abu Dawud (3770).

Banyak yang berpendapat, bahwa yang dimaksud bersandar adalah menyadarkan punggungnya ke tembok atau benda apapun yang ada di belakangnya. Kemudian ada lagi yang berpendapat bahwa, bersandar di sini maksudnya adalah bertelekan tangannya hingga badan lebih condong.
Mengapa tidak boleh sambil bersandar?, membuat makan jadi tidak nyaman, dan makanan tidak lancar di saluran makan kita. Maka ini sungguh membahayakan diri kita sendiri.
Rasulullah saw mencontohkan, dalam hidupnya tidak pernah sekalipun makan dengan bersandar. Karena Ia benar-benar menjadi teladan yang sangat baik bagi umatnya.
Semoga Manfaat ya.. Amiiin.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 20.26

0 komentar:

Posting Komentar

Bacaan Terpopuler Minggu ini

pengunjung online

Diberdayakan oleh Blogger.
CB